Wednesday, December 17, 2008

INDONESIA TETAP DIHARAPKAN JADI BAGIAN WRC

Jakarta, 10/11 - Penyelenggara kejuaraan dunia reli mobil (WRC) tetap mengharapkan Indonesia menjadi bagian dari WRC, setelah terjadi penundaan penunjukan Indonesia sebagai negara tuan rumah penyelenggara kejuaraan dunia dari 2010 menjadi 2011.
Penundaan Indonesia menjadi kandidat reli dunia pada 2009 dan peralihan tuan rumah 2010 menjadi 2011, diputuskan WRC setelah melakukan observasi pada penyelenggaraan reli Asia Pasifik (APRC) di Makassar 2008.
Kemudian tim pelaksana WRC Indonesia, Sadikin Aksa dan Jeffrey JP diminta FIA agar melakukan pertemuan dan pembicaraan lebih lanjut dengan President WRC Morrie Chandler dan FIA Senior Observer Piero Sodano langsung di kantor FIA di 8 Place de la Concorde, Paris, mingu lalu (6/11).
Jeffrey mengatakan di Jakarta, Senin, dalam pertemuan itu dinyatakan bahwa Indonesia tetap diharapkan menjadi bagian dari rangkaian WRC agar kompetisi menjadi lebih bervariasi dan menambah negara penyelenggara di kawasan Asia dengan karakteristik tersendiri.
"Penundaan WRC Indonesia menjadi 2011 adalah agar negara Indonesia tidak gagal dalam rencana menyelenggarakan kembali WRC serrta dapat dipertanggungjawabkan penyelenggaraan eventnya untuk tahun-tahun selanjutnya dengan pertimbangan tambahan waktu satu tahun untuk peningkatan mutu serta adanya pemilihan umum pada 2009," kata Jeffrey.
"Indonesia juga diharapkan agar Indonesia lebih serius dan bekerja lebih keras lagi dalam dalam mempersiapkan berbagai faktor yang harus ditingkatkan untuk mencapai standard WRC berdasarkan hasil observasi tahun 2008," katanya.
Selain itu, katanya, dalam diskusi itu disebutkan area penyelenggaraan sebaiknya tetap berlokasi di Sulawesi Selatan berdasarkan data penyelenggaraan yang telah dilakukan oleh pihak BMI baik di Sumatera Utara maupun Sulawesi Selatan.
"Kita juga diminta agar lebih melakukan sosialisasi penyelenggaraan event kepada semua lapisan masyarakat dan pembentukan tenaga kerja (SDM) dengan pelatihan yang menjadikan tenaga terampil sesuai standard WRC," kata Jeffrey, yang juga mantan atlet otomotif nasional.
Ia menambahkan, penentuan kalendar WRC 2011 akan dilaksanakan pada akhir Januari 2009 dikarenakan mulai 2011 penyelenggaraan WRC akan ditangani oleh promotor baru dan juga dari FIA akan melakukan perubahan format regulasi reli secara keseluruhan agar menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.
"Keberhasilan penyelenggaraan WRC di Indonesia pada 2011 akan sangat tergantung pada kerjasama dan dukungan semua pihak yaitu pemerintah pusat dan daerah; IMI; instansi terkait; media cetak dan elektronik serta partisipasi langsung dari para sponsor / produk, karena event tersebut merupakan event yang mewakili negara Indonesia dalam rangkaian Kejuaraan Dunia Rally (WRC)," kata Jeffrey.

No comments: